top of page

Tempat Kuliah Paling Fleksibel


UNIT TUTORIAL KAMPUS utkampus

Adalah pusat studi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) pertama di Indonesia yang berdiri sejak 1989. UT adalah perguruan tinggi negeri (PTN) ke-45 yang didirikan pemerintah pada tahun 1984, telah mencetak jutaan sarjana yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Berdasarkan jumlah mahasiswanya, UT menduduki peringkat ke-6 terbesar di dunia sehingga disebut pula mega universitas.

UT adalah perguruan tinggi negeri yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 41 Tahun 1984.UT telah memperoleh Sertifikat Kualitas dan Akreditasi Internasional dari Internasional Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA) tanggal 12 Agustus 2005, juga dari BAN-PT serta standar ISO.


Melalui unit tutorial kampus -utkampus, mahasiswa UT akan diarahkan bagaimana caranya agar program studi dapat diselesaikan dalam waktu 3.5 tahun saja. Kuliah online bisa diakses 24 jam, kuliah offline di kampus berlangsung dengan absensi bebas sehingga bisa disesuaikan dengan waktu luang anda (fleksibel), bisa ikut ujian semesteran di lebih 200 kota secara nasional ..... don't waste your time, studying...!!....SELAMAT BERGABUNG DENGAN KAMI MERAIH MASA DEPAN SECARA PASTI, SECARA BENAR DAN BERKUALITAS !


Fleksibel , berkualitas, UNGGUL & murah

Fleksibel cara belajarnya, berkualitas pendidikannya dan

Murah biayanya

Bila itu yang anda cari, ya disini tempatnya………


FLEKSIBILITAS. Waktu yang terbatas terkadang menjadi alasan bagi seseorang untuk tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Karyawan sibuk, pegawai instansi negara, buruh pabrik, pengusaha, petani, pedagang, dan berbagai profesi lain biasanya mengalami kesulitan untuk menghadiri perkuliahan karena pekerjaan mereka menuntut waktu yang tidak fleksibel. Namun di UT mereka semua bisa kuliah tanpa meninggalkan pekerjaannya.

Soal waktu belajar di UT adalah terserah mahasiswa, karena terdapat fasilitas tutorial online, tutorial tatap muka di kelas, siaran TV 24 jam, modul tiap mata kuliah, CD audio video, perputakaan digital full text via internet dll. sehingga bisa belajar dimanapun sesuai waktu luang. Tutorial berfungsi sebagai layanan belajar. Jadi ketika mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami modul yang diberikan, maka mereka dapat memanfaatkan tutorial ini, baik online maupun tatap muka.


Bagi mahasiswa UT yang mobilitasnya tinggi sehingga sering pergi ke luar kota- tidak perlu khawatir tak bisa mengikuti ujian akhir semester(UAS). Pertama, karena ujian dilaksanakan pada hari minggu. Kedua, karena dapat diikuti di lebih dari 200 kota serentak secara nasional di seluruh pelosok Indonesia dimana pun mahasiswa berada.


BERKUALITAS. Bila perguruan tinggi konvensional hanya terakreditasi BAN-PT, tidak demikian dengan UT. UT telah memperoleh Sertifikat Kualitas dan Akreditasi Internasional dari Internasional Council for Open and Distance Education (ICDE) .UT juga memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global. Juga akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Pada tahun 2006 UT telah menjadi salah satu dari 5 PTN kelas dunia, termasuk UI, ITB, UNDIP dan UGM. Di ajang e-Learning Award 2007 dalam kerja sama Pustekkom Depdiknas dengan SWA, UT muncul sebagai yang terbaik di kategori Best Online Learning (subkategori non-perusahaan) mengalahkan nama-nama perguruan tinggi lain. UT dengan kesederhanaannya mampu menampilkan output yang inovatif. UT dinilai sukses mengembangkan model pembelajaran via Internet. UT akan terus maju melangkah dengan visi menjadi open university unggulan dunia pada 2020.


KEUNGGULAN. UT memiliki karakteristik unggul dibandingkan dengan perguruan tinggi konvensional, karena:

Open entry – open exit system: artinya setiap individu boleh memulai dan menyelesaikan proses pendidikannya kapan saja sesuai dengan kondisi masing-masing

No selection criteria: artinya setiap pendaftar akan diterima sepanjang mempunyai kualifikasi dasar minimal (SMA//MA/SMK/Paket C) yang dapat menunjang proses pendidikan yang diikutinya. Jadi, tidak ada batas usia, tidak ada batas tahun ijazah terakhir.

Open Registration System: artinya setiap individu boleh melakukan registrasi secara terbuka, apakah untuk suatu program penuh (seperti program sertifikat, diploma, ataupun sarjana) atau untuk mata kuliah tertentu saja.


Terlebih lagi tanpa seleksi masuk, karena pemerintah menghendaki lulusan SLTA/persamaan dapat dengan mudah dan murah untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi negeri ini. Disam[ing itu program S1 ini tidak harus membuat skripsi sehingga sangat mempercepat penyelesaian studi dengan tidak mengurangi bobot dan kualitas lulusannya. Modul telah disusun oleh tim pakar di bidangnya dan dirancang sedemikian rupa sehingga sebenarnya mudah untuk dipelajari sendiri. Oleh karena itu modul UT banyak juga dipakai acuan oleh dosen dan mahasiswa perguruan tinggi lain.


MURAH.`Dengan fleksibilitas, kualitas, keunggulan dan fasilitas seperti itu ternyata UT juga merupakan universitas negeri yang murah. Terlebih melalui unit tutorial kampus pembayaran biaya SKS pun dapat diangsur dan diatur sedemikian rupa dengan mengutamakan kesinambungan studi mahasiswa tetap terjaga.

Dengan kebebasan menentukan cara kuliah, tidak perlu menyusun skripsi, tidak perlu memiliki beberapa text book, cukup modul tiap mata kuliah saja, semua itu menjadi kuliah di UT semakin hemat.


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
bottom of page